• Memahami kinerja Kafein dan apa pengaruh kafein bagi kesehatan serta pengaruhnya pada kinerja otak Anda?
  • Manfaat-teh-hijau-dan-kopi
  •  FAKTA
  • KESIMPULAN

Apa pengaruh kafein bagi kesehatan serta pengaruhnya pada kinerja otak Anda?

TEH HIJAU DAN KOPI adalah dua minuman favorit banyak orang, tetapi minuman mana yang lebih baik?

Saat pertanyan ini Anda dengar mungkin didalam benak anda sudah ada jawabannya,tapi sebaiknya dibaca sampai habis dulu biar lebih akurat tebakan Anda,siapatau salah dan Saya yang benar.

Kopi dan teh hijau mengandung jumlah kafein yang berbeda, penuh dengan antioksidan,sehingga mereka memiliki beberapa manfaat kesehatan. Keduanya aman-sehat kecuali untuk-wanita-hamil yang mungkin perlu membatasi asupan kafein hingga kurang dari 200 miligram per hari, menurut saran dari dokter kandungan”American College”.

Seburuk apasih Kafein itu,sejauh mana Anda memahami kinerja Kafein? Kita kupas sedikit yuk!!!

Apa pengaruh kafein bagi kesehatan serta pengaruhnya pada kinerja otak Anda?

Anda seorang pecandu minum kopi? Atau Peminum teh bernuansa klasik?

Entah Anda suka minum kopi atau teh, yang jelas setiap hari kita dicerna sejumlah kafein di dalam tubuh.Berdasarkan pengamatan saya dari 50 orang teman kerja hanya 12 orang yang menyajikan teh disebelah dekstop diatas meja kerjanya,lain dari pada itu “KOPI” baik itu kopi-mix-atau-kopi-rasa-pahit dan dari perbandingan itulah maksud kata dicerna sejumlah kafein didalam tubuh.

Sebagian dari Mereka kemungkinan besar merasa sulit memulai hari baru tanpa kafein ini. Selain itu, kemungkinan sulit bagi Anda untuk membayangkan bahwa mereka dapat bangun lebih awal di sore hari jika mereka tidak menyesap sedikit kopi,mengapa? Ini pengaruh besarnya KAFEIN.

Kafein dapat membawa manfaat nyata bagi pikiran dan tubuh dari sudut pandang yang lain, namun dari sudut pandang lainnya malah ini juga dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Dibaca terus sampai habis ya,mari kita simak terus untuk mengetahui bagaimana kafein mempengaruhi kinerja otak Anda.

Apa pengaruh kafein bagi kesehatan serta pengaruhnya pada kinerja otak Anda?

•             Perkuat Kewaspadaan

Alasan kebanyakan orang minum kopi atau minuman yang mengandung kafein di pagi hari adalah karena mereka ingin memulai hari dengan yang paling segar dan paling tenang.

Apakah malam sebelum Anda tidur, kafein dalam kopi dapat mengusir kantuk, meningkatkan konsentrasi, dan mempertahankan perhatian terhadap sesuatu pekerjaan untuk sementara waktu/lama. Dan itu hanya salah satu manfaat ajaib yang dibawa kafein kepada Anda jika ada “keseimbangan”

Namun, jika Anda mengonsumsi sejumlah besar kafein dalam tubuh Anda, Anda hanya bisa mendapatkan manfaat minimum. Asupan kafein yang berlebihan dapat mengurangi kemampuan Anda untuk berkonsentrasi dan menyebabkan kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaan Anda.

READ  3 hal yang harus dan tidak harus dilakukan untuk memiliki otot dada yang kuat

Berapa banyak kafein yang perlu dikonsumsi tubuh untuk memaksimalkan manfaatnya? Itu tergantung pada jumlah kafein yang Anda minum setiap hari. Bagi orang yang memiliki kebiasaan menggunakan kafein, membutuhkan dosis penawar yang lebih tinggi diperlukan untuk mencapai hasil positif dibandingkan dengan orang yang baru mulai menggunakan kafein atau jumlah yang sedikit.

Manfaat kafein itu bisa dilihat di lingkungan kerja, begitu pula dalam kegiatan rekreasi. Misalnya, Anda dapat bekerja lebih efektif jika Anda minum sedikit minuman berkafein atau berkonsentrasi memikirkan cara memecahkan permainan-olahraga favorit Anda.

•             Insomnia


Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia beba
s

Seperti disebutkan di atas, jumlah kafein dalam kopi (tergantung dari jumlah konsumsi)akan membuat Anda kehilangan jam tidur yang baik dan berkualitas sebagaimana yang seharusnya.

Dalam keaadan ini tidur nyenyak sulit Anda nikmati bahkan ketika keiinginan tidur meningkat sekalipun,atau hal lain dari insomnia ini untuk yang kronis membuat anda berat untuk bangun dan merasa sangat lelah yang mana dampaknya kurang baik dalam pengaruhnya untuk aktivitas Anda dikeseharian.Hal ini sangat berguna untuk diketahui bahwa Anda perlu waspada dalam bekerja, terutama saat kerja lembur.

Yang tak kalah pentingnya untuk Anda ketahui ialah ini sangat memiliki efek negatif pada kesehatan Anda karena kekurangan tidur yang berkualitas.Untuk contoh pengaruh buruk lainnya:Sering bangun saat tidur-sakit kepala-depresi-mudah-emosi juga rasa kepercayaan diri yang kurang dalam hal melakukan suatu pekerjaan.

Untuk mencegah kafein dari kehilangan tidur Anda, kendalikan jumlah kopi yang dikonsumsi sepanjang hari. Ada banyak penelitian tentang berapa lama Anda harus berhenti minum kopi di siang hari, terutama jumlah kopi yang dikonsumsi setiap hari adalah faktor yang perlu diperhatikan.

Misalnya,minum kopi terlalu banyak di sore hari tidak berbeda dengan minum secangkir kopi sebelum tidur.Sebaiknya hindari konsumsi kopi disore hari atau waktu yang telah mendekati jam tidur Anda.

•             Minuman-Energi

Saat ini, minuman energi diiklankan secara luas; Berisi bahan alami yang akan memberi vitamin dan mineral ke tubuh untuk menjaga kegembiraan, waspada sepanjang hari. Yang penting untuk dipahami adalah minuman ini mengandung banyak kafein dan gula dengan tujuan agar dapat membuat Anda berenergi untuk sementara waktu, kemudian Anda akan merasa lelah setelah habis pengaruhnya.

Minuman berenergi di pasaran beragam. Anda perlu berkonsultasi informasi nutrisi serta perhatikan kandungan yang tertera pada kemasan untuk memahami setiap jenis minuman. Ini akan membantu membuat keputusan yang tepat untuk pengkonsumsian produk yang sesuai kebutuhan Anda.

READ  Efek Berbahaya Makan Terlalu Banyak Kubis

Sebenarnya berapa sih kandungan Kafein untuk secangkir kopi? Seperti yang dikutip dari koran kesehatan berikut ini :

Setiap cangkir kopi instan, disebut mengandung kafein sebanyak 65-100 mg. Sementara, kopi kaleng mengandung kafein sebanyak 85 mg.Secangkir cokelat panas, mengandung kafein sebanyak 14 mg, sedangkan dark chocolate berkafein 20 mg per satu ons. Minuman teh yang kerap Anda konsumsi, kafeinnya berkisar antara 15-60 mg per cangkir.

Untuk kebenarannya kopi dan teh hijau adalah keduaya mengandung kafein,namun jumlah kafein dalam setiap cangkir kopi secara signifikan lebih besar.

Manfaat-teh-hijau-dan-kopi

  • Teh-hijau-dan-kopi-manfaatnya-untuk-kesehatan

Teh hijau dan kopi adalah dua minuman berbeda yang memiliki manfaat berbeda juga bagi kesehatan Anda.

Teh hijau memiliki kandungan senyawa L-theanine yang mana senyawa ini adalah senyawa perangsang pada kinerja otak dan manfaat yang diberikan memuat Anda tetap menjaga performa kerja fokus dan terarah.

Untuk Penyajian teh yang baik itu ternyata ada cara khusus,seperti apa urutan penyajiannya.saran saya untuk menambah wawasan Anda Silahkan baca

“Saat menyeduh teh jangan biarkan daun terendam air sangat lama. Kalau didiamkan terlalu lama maka rasanya akan pahit. Jadi setelah 3 menit harus segera disaring,” katanya.

Beberapa bukti dari Jepang menunjukkan bahwa teh hijau dapat mengurangi risiko kematian dari berbagai penyebab (kurang dari 23% pada wanita dan 12% pada pria).

Selain itu, dapat mencegah penyakit kardiovaskular (31% lebih rendah pada wanita dan 22% pada pria). Secara khusus, hasilnya lebih jelas pada kasus stroke (42% lebih rendah untuk wanita dan 35% untuk pria).Baik teh hijau dan kopi dapat membantu melawan perkembangan diabetes tipe 2 dengan sangat baik, tetapi kopi tampaknya bekerja lebih baik dalam kasus ini.

  • Teh-hijau-dan-kopi-manfaatnya-untuk-metabolisme-dan-kesehatan-mulut

Sebagai aturan umum, teh hijau adalah minuman pembakar lemak yang dapat mendukung penurunan berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat berakselerasi dari 3 hingga 11 persen dari laju metabolisme tubuh.

 Tetapi efektif hanya sejumlah kecil dan teh hijau masih merupakan “senjata” penting dalam menurunkan berat badan Anda.

Teh hijau dapat membantu Anda membunuh bakteri dan mencegah virus seperti flu dan membantu proses pelunturan lemak serta anti oksidannya sebagai penangkal radikal bebas yang dapat mengurangi risiko infeksi. Dengan demikian, teh hijau membantu meningkatkan pernapasan dan kesehatan mulut Anda.

FAKTA

Studi yang menunjukkan bahwa orang yang minum kopi biasa 23% lebih kecil dibandingkan yang lain untuk penderita diabetes.Ada bukti studi lainnya yang bertentangan bahwa teh hijau dapat melawan kanker. Kopi lah yang kebenarannya dapat mengurangi risiko kanker hati dan kanker kolorektal.Untuk tingkat resikonya kanker hati adalah penyebab kematian ketiga di dunia, sementara kanker kolorektal adalah yang keempat. Itu angka yang sangat signifikan!

READ  Tips Diet Untuk Wanita Karir yang Mudah dan Praktis

Akan tetapi diluar itu teh hijau dapat memperlambat penurunan kognitif pada lansia dengan dosis yang lebih kecil, sementara kopi hanya menunjukkan efek yang sama ketika minum dalam jumlah besar. Yang mana jumlah kafein yang diserap oleh tubuh tampak hasilnya memiliki efek besar pada Parkinson/penyakit-neurodegeneratif-pada-pria yang menunjukkan pengurangan risiko penyakit ini sebesar 32-60%.Selain itu, teh hijau juga menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL. Karena itu, orang yang minum teh hijau memiliki risiko 31 persen lebih rendah terkena penyakit jantung.

Ini hanyalah beberapa poin utama yang ditemukan selama studi teh hijau dan kopi serta dampaknya untuk kedua minuman ini telah dipelajari secara ekstensif.Jika Anda punya banyak waktu dan benar-benar tertarik, Anda dapat menemukan lusinan dari mereka dengan mengunjungi situs Google Scholar dan mengetik kata kunci seperti “kopi”, “teh” atau “teh hijau dan kopi”.

KESIMPULAN

Jawaban-dari-teh-hijau-dan-kopi-minuman mana yang lebih baik? Adalah TEH.

Teh hijau dan kopi mengandung kafein, serta sejumlah besar antioksidan dan mineral tertentu. Manfaat kesehatan dari keduanya diberikan oleh efek antioksidan, atau oleh suatu zat yang disebut “hormesis.” Penting untuk mengetahui bahwa polifenol (mikronutrien yang membantu mencegah penyakit degeneratif, terutama kanker, penyakit jantung) dalam teh hijau dan kopi memiliki kandungan zat yang bermanfaat untuk tubuh, dimana dapat membantu peningkatan mekanisme pertahanan tubuh,tetapi dapat mencegah kinerja hormesis untuk penggunaan berlebihan di dalam tubuh.

namun bila kadar meminum teh hijau berlebihan dampaknya mengganggu kinerja organ hati loh,jadi bila ada masalah pada kinerja hati Anda potensi kerusakan pencernaan juga besar dampaknya. Jadi, perhatikan kandungan komposisinya saat menggunakannya!

Jika Anda suka teh hijau, terus minum. Jika Anda suka kopi, itu juga bagus. Jika Anda peminum salah satu dari keduanya, lebih baik minum sedikit. Penting untuk berhati-hati ketika mengonsumsi dalam jumlah besar. Ingat bahwa sesuatu berlebihan/terlalu banyak itu tidak baik!

Minuman alternatif

Jika Anda tidak menyukai minuman berkafein, ada banyak cara untuk tetap waspada, fokus pada pilihan Anda. Misalnya, Anda akan merasa lebih waspada ketika tubuh Anda diberikan air secukupnya. Jadi, minum cukup air putih setiap hari akan menjadi pilihan bagus, terutama bagi mereka yang kurang minum air putih setiap hari.

Namun, banyak juga orang yang ingin menikmati rasa minuman favorit mereka meski dengan kafein.

Dalam hal ini, produk minuman bebas kafein akan menjadi pilihan yang sempurna. Banyak minuman berkafein dan bebas kafein tetapi tetap mempertahankan rasa yang sama seperti kopi biasa.

Selain itu, ada juga teh bebas kafein dan bahkan ada beberapa produk lebih memilih teh bebas kafein. Ini berarti Anda masih dapat menikmati secangkir kopi atau teh hijau di sore hari tanpa takut memengaruhi kualitas tidur baik Anda.

Leave a Comment