Kebiasaan sehari-hari yang dapat membahayakan kesehatan

Banyak orang memiliki kebiasaan bekerja di malam hari, membalik jam dengan bergadang dan tidur telat pada hari berikutnya. Menyebabkan tubuh sangat lelah karena kurang tidur. Terutama dampak lainnya dar kurang tidur juga menyebabkan mudahnya kehilangan ingatan.

  1. Kurangnya minum-air-putih

Setiap hari seseorang membutuhkan sekitar 2 liter air (sekitar 8 gelas). Namun, kebanyakan dari kita minum lebih sedikit dari standar ini. Tidak cukup hanya minum air saja, karena akibat dehidrasi konstan dapat memengaruhi suasana hati, energi, dan bahkan menyebabkan masalah kardiovaskular.

Dehidrasi juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan, karena ketika tubuh mengalami dehidrasi, Anda akan merasa lapar dan haus, jadi makan lebih banyak dan meningkatkan stimulus.

Solusi terbaik adalah selalu membawa sebotol air bersama Anda, atau mungkin menambahkan beberapa jus jeruk atau mentimun untuk menambah rasa.

2.Kurangnya sikat-gigi-setelah-makan

Menyikat gigi secara teratur adalah solusi terbaik untuk melindungi gigi putih, mencegah pembusukan dan penyakit gusi. Namun, The New York Times menjelaskan bahwa kurangnya sikat gigi setelah makan dapat menyebabkan kerusakan asam atau menghancurkan email gigi secara perlahan.

Oleh karena itu sebaiknya sikat-gigi-30-menit-setelah-makan untuk membantu masuknya zat-zat yang dibutuhkan gigi sebelum disikat dan pastinya menjaga kebersihan gigi Anda setelah disikat

3.Bersin atau Batuk

Seringkali ketika bertemu kolega atau teman lalu bersalaman-atau-pelukan-bergandengan-tangan, dimana tanpa kita ketahui siteman-sahabat-kolega-pacar sudah mengidap bakteri penyakit ditubuhnya yang ditularkan melaui kontak-badan-dan-tangan.Sewaktu bersin atau batuk sibakteri menempel dan ketika bertemu Anda sibakteri penyakit tadi melalui jabatan-tangan-bergandengan menempel atau tertular pada Anda.Kemudian sibakteri akan menyerang Anda,bayangkan bila saat itu kondisi Anda lagi kurang sehat atau Fit.

Ini saya maksud bila dibahas dari sudut pandang segi kesehata. Nah, Bila dari sudut pandang kebudayaan berbeda lagi,ambil baiknya saja ya,karena dengan tulisan ini saya tidak mengharuskan Anda untuk tidak bersalaman lagi dengan teman-sahabat tetapi,sekedar tips bahwasanya ada kondisi merugikan diluar kebiasaan cara bergaul kita.

Penanggulangan sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mencegah hal-hal itu dari kebiasaan ini,misalnya rajin mencuci tangan di keseharian aktifitas dan berkumur-kumur dengan air garam setibanya dirumah Anda.

4.Tidak cukup tidur yang mengharuskan bergadang

Banyak orang memiliki kebiasaan bekerja di malam hari, membalikkan jam tidur menjadi diluar ketentuan yang seharusnya dengan bergadang-dan-tidur-telat pada hari berikutnya.

READ  7#JENIS-MAKANAN#INI-MEMBANTU-ANDA-MENGOBATI-RASA-SAKIT-PERUT&MENJAGA-KESEHATAN

Agar dapat membuat mata tanpa redup sepanjang waktu yang diinginkan saat melakukan pekerjaan Anda dimalam hari sudah pasti menggunakan makanan-minuman-berenergi diluar kata sehat-alami. Manfaatnya yang Anda dapatkan mungkin memuaskan dilihat dari keberhasilan pekerjaan yang dilakukan itu untuk sementara waktu.namun,untuk jangka panjang diluar dugaan ini akan membuat tubuh Anda merasa sangat lelah setelah energi dari makanan-minuman itu habis.

Terutama bila sering kurang tidur juga dapat menyebabkan mudahnya kehilangan ingatan, masalah kardiovaskular dan masih banyak lagi bahkan puncak dampaknya menyebabkan Anda depresi.

Idealnya, setiap hari tidur delapan jam, di akhir pekan bisa tidur lebih dari satu jam tambahan dari jam ideal itu.

Seperti kata idola favorit saya “bergadang-saja-asal-ada-artinya”

  • Penggunaan ponsel sepanjang aktivitas keseharian

Anda mungkin sudah tahu penggunaan perangkat seluler yang luar biasa baik untuk manfaat maupun hal-hal yang kurang baik tergantung cara bijaksan kita dalam menggunakannya,ini adalah penyebab yang membuat gangguan pada tidur Anda.

Menurut penilaian pada dari suatu tabloid pada tahun 2006 silam, penggunaan ponsel di malam hari memberikan dampak buruk bagi kesehatan dari segi cahaya lampu ponsel khususnya membahayakan mata Anda.

Secara bertahap, itu dapat secara diam-diam menghancurkan mata yang bahkan tidak Anda sadari. Selain itu, cahaya biru dari layar ponsel dapat mencegah tubuh memproduksi nutrisi melatonin.

Jadi memungkinkan lebih baik Anda membatasi penggunaan ponsel,penggunaan sedikit mungkin, terutama penggunaan terbatas di malam hari.Manfaatnya untuk kualitas tidur Anda dapat lebih baik.

5. Duduk terlalu lama

Anda sering melihat seseorang yang duduk di jalan, mengetik komputer atau membaca buku.

 Saat ini, banyak duduk menjadi penyakit yang umum. Sementara banyak penelitian ilmiah telah menunjukkan hal ini dapat menghancurkan diri sendiri dengan duduk terlalu lama.

Kita tidak boleh duduk terlalu lama karena akan mempengaruhi kesehatan terutama para pekerja kantoran yang betah duduk didepan desktop.

Penting untuk meluangkan waktu untuk duduk dan bersantai, tetapi kenyataannya adalah bahwa duduk terlalu lama akan memiliki efek negatif.

Bahkan menghabiskan waktu santai, mengurangi stres setelah sekian lama bekerja di perusahaan tidak akan bagus jika Anda menjaga postur untuk waktu yang lama. Pikirkan itu – Anda duduk seharian di kantor, lalu kembali ke rumah untuk duduk.

READ  Tanda Penyebab-Infeksi- Helicobacter-pylori & mengidentifikasi-bakteri-E-coli

Apa aja sih dampak pengaruh buruknya bila duduk terlalu lama? Ayooo kita kupas …

  • Pencernaan melambat

Masih banyak dari sebagian orang-orang berpikir bahwa makan dengan waktu perlahan-lahan atau sama hanya seperti duduk bersantai dengan menikmati hidangan adalah hal yang baik,bahkan masih banyak dari bagian masyarakat diberbagai daerah memiliki kebiasaan seperti ini.Seperti yang kita kenal dengan kata “silaturahmi”,mungkin sudah dapat anda bayangkan bahwa silaturahmi bukan dengan waktu yang singkat,atau kata lainnya “kopdar”.  Namun, duduk tepat setelah makan dapat memberi tekanan pada perut dan kemudian memperlambat proses pencernaan.

Ditambah lagi kurangnya olahraga membuat tubuh akan menyebabkan gerakan usus, kelemahan lambung dan pembuangan gastrointestinal berkurang. Jika Anda mempertahankan kebiasaan ini untuk waktu yang lama, pencernaan yang melambat dapat menyebabkan beberapa kondisi seperti sembelit, nyeri ulu hati, perut kembung, kram dan kenaikan berat badan.

  • Postur duduk yang buruk

Duduk dalam waktu lama dapat menyebabkan kita untuk duduk “postur yang buruk,” yang dapat menyebabkan sakit punggung atau bahu dan nyeri leher. Semakin lama kita duduk, semakin besar kemungkinan kita untuk duduk dalam posisi ramping atau postur lelah.

Biasanya ketika duduk di depan komputer, orang biasanya duduk bahu dan posisi leher ke depan, menyebabkan ketegangan otot di daerah-daerah tersebut (jika duduk untuk waktu yang lama). Selain itu, duduk juga menempatkan lebih banyak tekanan di punggung karena tulang belakang dirancang untuk memperluas dan berkoordinasi dengan gerakan tubuh.

 Oleh karena itu, jika duduk untuk waktu yang lama akan menyebabkan area disk lebih banyak tekanan dan mengurangi fleksibilitas, meningkatkan risiko herniasi disk hernia.

Banyak pekerja kantor memiliki kebiasaan duduk untuk waktu yang lama telah menderita cedera seperti nyeri bahu, nyeri leher, fleksibilitas leher, nyeri bahu, nyeri leher, sakit kepala, pusing pusing.

untuk duduk dengan jangka lama juga akan membuat “kartilag” pada tulang rawan yang mengalami degenerasi, menekan akar saraf, sumsum tulang belakang atau arteri tulang belakang, yang menyebabkan penyakit seperti spondylosis leher, hernia otot diskus, ketidakmampuan sirkulasi otak, dan kedengarannya sudah biasa masuk dari telinga kanan dan lewat keluar dari telinga kiri.

READ  Inilah alasan mengapa kita harus tidur berbaring di sebelah kiri?

Sebaiknya saat dimana anda mendengar akan kata-kata-penyakit coba langsung mencari tahu definisi serta dampaknya,ciri penyakitnya,apakah anda mengalaminya dan lain sebagainya.maksud penekanan ini ialah kata-kata-penyakit yang disebutkan diatas itu benar-benar sangat berbahaya. 

  • Muncul masalah pada kaki

Duduk berlebihan dan tidak aktif menyebabkan sirkulasi yang buruk, bekuan darah (kondisi umum yang terjadi di kaki), pembengkakan, tulang lemah, varises dan kadang-kadang bahkan kasus yang lebih parah, dapat menyebabkan osteoporosis.Berusahalah untuk bekerja banyak dan pertahankan aliran darah. Contohnya:jika Anda menonton TV, selama iklan Anda dapat berdiri lalu ambil minum sambil menggerak-gerakan badan atau disaat ada waktu luang lakukan berjalan santai setiap hari selama satu jam misalnya dipagi hari dan Anda harus cepat bangun,semi kesehatab loh…. Bahkan selama bekerja, Anda bisa meluruskan kaki dengan membiarkan sirkulasi darah dengan bangkit dari kursi dan menggerak-gerakkan anggota badan(posisi berdiri)itu untuk menyegarkan dan mereset suasana hati Anda.

  • Kelemahan otot-dan-otot-kaku

Aktifitas aktif tidak hanya membantu Anda memiliki tubuh yang sehat, tetapi juga membantu Anda bergerak secara teratur dan fleksibel. Singkatnya, mari bekerja keras untuk mendapatkan lebih banyak kekuatan.

Istirahat setelah berolahraga untuk merilekskan tubuh Anda, tetapi jangan lupa untuk meregangkan otot-otot Anda jika otot-otot akan mengencang-kaku dan keesokan harinya Anda akan merasakan otot-otot yang sakit.

Tidak hanya kaki yang terkena dampaknya karena duduk terlalu banyak, berdiri dan berjalan membantu otot-otot di area stres, tidak nyaman saat duduk. Selain itu, duduk terlalu lama berisiko degenerasi otot-otot di perut, pantat, betis, pinggul dan banyak lagi.

SARAN

Aktifitas sederhana-menghindari-bahaya-duduk dalam jangka waktu yang lama:

1.Naik tangga kapanpun waktu yang memungkinkan, untuk memulai melatih detak jantung dan membantu awalan-peredaran darah.

2.Jika taman jauh dari Anda, berjalanlah ke tempat yang Anda inginkan.

3.Ketika di sekolah pergi ke bangku teman sekelas Anda dan bercerita kesehatan ini atau kolega alih-alih memberi mereka info tentang jenis kebiasaan buruk ini.

4.Gunakan kursi tanpa pegangan tangan, karena ini memaksa Anda untuk duduk tegak.

5.Berdiri setidaknya 10 menit setiap jam.

6.Berolahraga saat istirahat, saat makan siang atau setelah sekolah, luangkan waktu untuk pergi ke gym.

7.Regangkan otot-otot Anda secara teratur menggunakan bola gym. Angkat kaki ke bagian bawah meja.

Anda akan merasa lelah, hanya ingin berbaring di kursi belakang setelah seharian bekerja sama lelahnya dengan kebutuhan tubuh, tetapi itu tidak membantu kesehatan Anda sama sekali.

Jika Anda tidak dapat meregangkan otot-otot-kaki dalam kegiatan keseharian, coba pertimbangkan untuk pergi ke gym setelah bekerja selesai. Ini akan membantu Anda baik secara fisik maupun mental.

Beberapa hal sederhana ini yang dapat Anda ketahui tentang Kebiasaan sehari-hari yang dapat membahayakan kesehatan Anda dan semoga setelah membaca artikel ini, Anda akan mempertimbangkan untuk tidak mempertahankan kebiasaan buruk ini.

Leave a Comment