Helicobacter pylori

Definisi Infeksi Helicobacter pylori

Infeksi Helicobacter pylori! H. pylori adalah infeksi yang disebabkan oleh H. pylori. H. pylori terutama menyebar dari orang ke orang melalui kontak langsung dengan air liur atau kotoran. H. pylori juga dapat menyebar melalui air yang tidak diolah.

Infeksi H. pylori terjadi ketika bakteri yang disebut Helicobacter pylori (H. pylori) menginfeksi perut atau bagian pertama dari usus kecil.

Infeksi H. pylori diperkirakan hadir di sekitar setengah populasi dunia. Bagi banyak orang, H. pylori menyebabkan infeksi tanpa tanda atau gejala dan tidak menyebabkan komplikasi. Tetapi bagi orang lain, H. pylori dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti bisul dan kanker perut.

Di Amerika Serikat, tingkat infeksi H. pylori menurun. Pada saat yang sama, kejadian komplikasi serius juga menurun.

Tanda dan Gejala Infeksi Helicobacter pylori

Sebagian besar kasus infeksi H. pylori tidak menunjukkan tanda atau gejala. Tanda atau gejala yang mungkin muncul dengan infeksi H. pylori meliputi:

  • Rasa sakit atau panas di perut.
  • Mual.
  • Muntah.
  • Sering bersendawa.
  • Ambil nafas
  • Berat badan turun.

Buat janji dengan dokter Anda jika Anda melihat tanda atau gejala yang mengganggu.

Segera cari pertolongan medis jika Anda mengalami:

  • Nyeri perut yang parah atau terus-menerus.
  • Sulit menelan.
  • Berdarah atau terpal hitam di bangku.
  • Darah atau muntahan berwarna hitam atau muntah seperti bubuk kopi.

Penyebab Infeksi Helicobacter pylori (HP)

Infeksi bakteri H. pylori adalah infeksi yang disebabkan oleh H. pylori terutama menyebar dari orang ke orang melalui kontak langsung dengan mulut-air liur-atau-kotoran yang mana maksudnya sipenderita dengan Anda yang sehat menggunakan toilet yang sama dan menggunakan air yang sudah terkontaminasi  oleh H. pylori yang keluar dari kotoran sipenderita kemudian sesudahnya tidak mencuci tangan dengan bersih,maka Anda seiring waktu akan tertular. Dikarenakan H. pylori. mudah dapat menyebar melalui air yang tidak diolah.

READ  3 hal yang harus dan tidak harus dilakukan untuk memiliki otot dada yang kuat

H.pylori bakteri ini dapat menembus tubuh masuk melalui mulut dan masuk ke saluran pencernaan.

Kandungan zat-Asam-lambung dan perut itu sendiri sebenarnya membuat lingkungan yang tidak menguntungkan bagi banyak bakteri.

Tapi bakteri H. pylori ini secara khusus mampu beradaptasi untuk bertahan hidup di perut. Ini menciptakan enzim, melalui serangkaian proses biokimia, untuk menciptakan buffer asam menjadi rendah untuk dirinya sendiri.

Faktor risiko Infeksi Helicobacter pylori (HP)

Korban terbesar terserang dari HP ini yang terlihat dari beberapa banyak orang dengan infeksi H. pylori adalah anak-anak. Infeksi H. pylori di masa dewasa terbilang masih kurang umum.

Faktor-faktor risiko untuk infeksi H. pylori terkait dengan kondisi masa kanak-kanak, seperti:

  • Hidup dalam kondisi yang ramai.

Ada risiko infeksi H. pylori jika Anda tinggal di rumah dengan banyak orang lain.

  • Hidup dengan sumber air minum atau pasokan air yang bersama dengan si penderita

Hiduplah dengan sumber air yang dapat diandalkan, artinya pasokan sumber air Anda terkontrol penuh untuk kebersihan atau kualitas airnya. Memiliki sumber air yang dapat diandalkan dapat membantu menjaga kebersihan area dan mengurangi risiko H. pylori.

  • Tinggal di negara berkembang.

Orang-orang yang tinggal di negara-negara berkembang, di mana kondisi hidup yang padat dan tidak sehat mungkin lebih umum mudah terserang infeksi terlebih pada kebanyakan anak-anak pastinya berada pada tingkatan risiko infeksi H. pylori yang cukup tinggi.

  • Hidup bersama dengan seseorang yang terinfeksi H. pylori atau seatap.

Jika seseorang tinggal dengan H. pylori, kemungkinan besar Anda tidak bisa lepas dari infeksi H. pylori nya.Baik dari penggunaan air,toilet atau kontak langsung dengan Anda.

Komplikasi Infeksi Helicobacter pylori (HP)

Banyak orang yang terinfeksi H. pylori tidak akan pernah memiliki tanda atau gejala karena tidak akan pernah mengembangkan komplikasi dari gejalanya. Namun untuk orang lain yang terinfeksi akan mengalami komplikasi serius walaupun hingga kini tidak jelas mengapa serta bagaimana proses ini terjadi.

READ  7#JENIS-MAKANAN#INI-MEMBANTU-ANDA-MENGOBATI-RASA-SAKIT-PERUT&MENJAGA-KESEHATAN

Komplikasi yang terkait dengan infeksi H. pylori meliputi:

  • Nyeri (ulkus) di lambung dan usus kecil. H. pylori menyebabkan sebagian besar infeksi ulkus.
  • Mukosa lambung. Infeksi H. pylori dapat mengiritasi lapisan lambung, menyebabkan peradangan (gastritis).
  • Kanker perut. Infeksi H. pylori merupakan faktor risiko yang kuat untuk jenis kanker perut tertentu, termasuk adenokarsinoma dan mukosa lambung – limfoma jaringan limfoid terkait(MALT).
  • Panas yang lambat laun tinggi
  • Berkurangnya rasa ingin makan atau nafsu makan yang menurun



Penyebab dan cara mengidentifikasi bakteri E-coli


bakteri E-coli

Dengan menggunakan peralatan bioteknologi terbaik hari ini, kehadiran E-coli di dalam air dapat diatasi untuk melindungi kesehatan manusia.

Menurut informasi dari Internet, Escherichia coli (biasa disingkat E. coli), juga dikenal sebagai bakteri kolon, adalah salah satu bakteri parasit utama dalam saluran usus hewan berdarah panas (termasuk burung dan mamalia). Bakteri ini diperlukan selama pencernaan dan merupakan bagian dari koloni. Kehadiran E. coli dalam air tanah adalah indikator umum untuk pencemaran faecal. E. coli termasuk Enterobacteriaceae famili dan sering digunakan sebagai organisme model untuk studi bakteri.

Bahkan, sebagian besar bakteri E.coli tidak memiliki efek kesehatan yang signifikan kecuali untuk beberapa yang dapat menyebabkan diare dan, tergantung pada lokalitas, usia pasien bahwa bakteri ini memiliki efek lain.

Strain baru E-coli

Pada 1980-an, strain baru E.coli diidentifikasi sebagai E. coli O157: H7. Ini adalah strain paling umum diare dalam E. coli. Pada beberapa pasien, bakteri ini dapat menyebabkan gangguan darah dan gagal ginjal, bahkan kematian. Dengan wabah baru-baru ini di Eropa, bakteri yang diduga adalah bentuk mutasi dari dua strain E. coli yang berbeda. Jenis bakteri baru ini memiliki sifat yang membuatnya jauh lebih berbahaya daripada ratusan strain E. coli di usus manusia.

READ  KEMIRI{Aleurites-moluccana

Apa yang menyebabkan infeksi E. coli?

Kita bisa terinfeksi bakteri E. coli ini melalui:

•    kontak atau sentuhan kotoran manusia dan faeces, termasuk unggas. “sentuhan” berarti kontak lansung dengan minum air atau memakan makanan yang telah terkontaminasi dari bakteri ini.

•     Penularan melalui saluran air, faeces dan hewan yang terkontaminasi E. coli kadang-kadang bisa masuk ke kolam, danau, sungai, atau air hidup pada umumnya. Kita mungkin terinfeksi E. coli dengan memandikan air yang telah terkontaminasi dengan bakteri aktif yang belum diklorinasi.

Di Amerika Serikat, lebih dari satu juta orang menderita E-coli setiap tahun, dengan hingga 1.000 kematian.Dalam situasi ini, tim peneliti di Pittsburgh State University telah mengembangkan perangkat bioteknologi baru yang membantu melawan E coli dalam air.

Perangkat ini disebut hibrida Nanosensor.

 Nanosensor hybrid pada dasarnya adalah perangkat biomolekul resonansi magnetik dan sensor fluoresen. Bekerja di laboratorium dengan lingkungan air infeksius E-coli, hibrida Nanosensor tidak mungkin dapat merasakan konsentrasi beracun air yang berbeda yang disebabkan oleh E-coli, dan juga mengenali bakteri. E-coli bahkan merupakan E-coli O157: H7 yang baru dalam waktu kurang dari satu jam.

Selain itu, menurut kelompok ahli, alat ini juga mampu mendeteksi banyak jenis bakteri beracun lainnya di lingkungan air. Penelitian ini baru-baru ini diterbitkan dalam Jurnal ACS of Infectious Diseases.

Bila diperhatikan bentuk Infeksi dari gejala ini yang telah terkontaminasi diantaranya;

•     Merasakan nyeri pada perut yang cukup sakit-mengalami diare pastinya.

•      Panas yang lama kelamaan dirasakan membuat kepala terasa pusing

•       Merasa lelah yang berlebihan hingga terasa mual bahkan sampai muntah

Biasanya untuk kesembuhan dari dampak infeksinya E.coli ini untuk pengobatan rumahan dengan obat yang telah disiapkan kurang lebih seminggu baru benar-benar dikatakan sehat kembali.

Segeralah mencuci tangan sehabis menyentuh binatang atau rajin mencuci tangan bila kerja dilingkungan yang kuarang sehat.

Tulisan ini tentang Penyebab infeksi dan cara mengidentifikasi bakteri E-coli,

semoga memberikan informasi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan Anda, yang mana inti sederhananya cukup rajin-mencuci-tangan-setiap-hari-setiap-aktifitas Anda.

Leave a Comment