1#Cara mengobati batuk menggunakan jus nanas 

Jus nanas-sirup obat batuk

Kupas lah buah nanas hingga bersih, setelah bersih kulitnya kemudian di siram dengan air yang dicampur garam yang mana tujuannya agar buah nanas yang dimakan getahnya tidak menimbulkan gatal ditenggorokan.

Kebanyakan kebiasaan ini dari masyarakat Indonesia terbilang cukup popular khususnya di bagian daerah-daerah pada beberapa provinsi.Diluar dari pada itu ternyata buah nanas dapat meredakan gatal ditenggorokan yang mana dapat dikatakan obat batuk alami.

Kandungan:

  • Enzim(bromelain) fungsinya membantu mengurangi radang tenggorokan
  • Vitamin-A-B-C
  • Kalsium-potasium  >>>>fungsinya membantu menjaga kekebalan tubuh-kesehatan
  • Zat-besi-karotein
  • Mangan-nutrisi

Dalam hal kandugan ini Anda dapat mencoba untuk menikmatinya dalam bentuk Jus buah nanas. Anda menikmati kesegaran dari jus nanas dengan tambahan manfaatnya buatan Anda sendiri.

Sebagaimana yang diketahui bahwa Anda membuat jus nanas sendiri jelas tanpa bahan kimia beracun, rasa originalnya jus nanas dapat lebih efektif mengobati batuk lima kali lipat dari sirup obat batuk. Pernahkah Anda mendengar tentang mengonsumsi jus nanas untuk mengobati batuk?

Vitamin C tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi juga menghasilkan zat yang bekerja melawan infeksi berulang, pilek dan flu, tetapi juga memiliki kemampuan untuk mengurangi gejala batuk kering.

Nanas mengandung bromelain – campuran enzim protease memiliki anti-inflamasi. Kombinasi nutrisi ini membantu mencegah penyakit dan membunuh bakteri, termasuk bakteri yang ditemukan di tenggorokan. Bahkan, penelitian telah menemukan bahwa ekstrak nanas dapat mengurangi lendir 5 kali lebih cepat daripada sirup obat batuk yang dijual di toko obat.

Bagaimana Gejala Batuk dapat diobati menggunakan jus nanas?

Jus nanas dapat mengobati sebagian besar gejala batuk terus-menerus, asalkan bukan penyebab serius seperti pneumonia. Jika Anda pilek, lewati sirup obat batuk dan segera minum campuran jus nanas. Aman digunakan, tidak mengandung bahan kimia beracun, dan memberikan nutrisi bagi tubuh terhadap pilek.

Manfaat utama dari minum jus nanas ialah untuk mengobati Batuk

Sebenarnya Obat batuk dari bahan-bahan kimia untuk kesehatan banyak diperjual-belikan seperti warung dekat rumah Anda atau di Apotik took obat. Akan tetapi obat itu semua mengandung efek samping terhadap tubuh Anda, sementara dengan jus nanas ialah obat yang alami.

Seberapa efektifkah jus nanas untuk mengobati batuk?

Selain menyediakan nutrisi dalam nanas, jus nanas juga menenangkan tenggorokan dan memfasilitasi penghilangan lendir dengan mudah. Lendir yang kaku dan membandel di paru-paru atau sinus dapat menyebabkan batuk, bersin, menyakitkan dan infeksi yang tahan lama.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Der Pharma Chemica” pada tahun 2010, para peneliti telah menemukan metode pengobatan yang efektif untuk pasien dengan TBC, penyakit menular yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis (bakteri tuberculosis). Sebagai bagian dari studi ini, mereka telah menemukan campuran jus nanas, lada, garam dan madu diberikan kepada pasien setiap hari, membantu melarutkan lendir di paru-paru – sehingga membantu kami menyingkirkan rasa gatal pada tenggorokan!

Cara membuat sirup obat batuk menggunakan jus nanas

Untuk membuat sirup obat batuk menggunakan jus dari buah nanas, dengan kombinasi berbagai bahan-bahan alami lainya, silahkan Anda simak bahan dan cara membuatnya di bawah ini.

Bahan-bahan:

  • 1 cangkir jus nanas segar
  • 1/4 cangkir jus lemon segar
  • 1 buah jahe
  • 1 sendok teh madu murni
  • 1/2 sendok teh cabai bubuk

Cara membuat :

Campur semua bahan Bersama-sama,lalu aduk sampai merata.

  • Minum secangkir campuran jus nanas setiap hari.
  • Minum 2-3 kali sehari dan ulangi setiap hari sampai batuk dan sakit tenggorokan hilang.

Sekarang Anda telah mengetahui manfaat lainnya dari buah nanas,dengan membuat jus nanas selain menghilangkan gejala batuk secara alami tanpa menggunakan obat juga segar dan nikmat!

Harapan admin semoga dengan tulisan ini dapat membantu Anda Saya segera menyingkirkan gatal tenggorokan dan batuknya.

2#Cara mengurangi gula dari makanan harian Anda dalam 3 minggu

Jenis makan banyak kandungan gula

Saat ini, kita sering makan terlalu banyak gula, yang dapat memiliki banyak efek negatif pada kesehatan Anda. Mengkonsumsi gula dalam jumlah besar adalah penyebab tekanan darah tinggi, hiperlipidemia dan risiko tinggi kanker, diabetes, penyakit kardiovaskular, belum lagi berat badan, obesitas.

READ  Inilah alasan mengapa kita harus tidur berbaring di sebelah kiri?

Meskipun gula merupakan bagian penting dari diet kita sehari-hari, tetapi tidak seberapa banyak gula sehari. Selain itu, mengurangi jumlah gula dalam diet harian Anda juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, Anda akan merasa penuh energi dan kewaspadaan, mengurangi risiko penyakit yang terkait dengan penyakit jantung atau diabetes.

Cara mengurangi gula dari makanan harian Anda dalam 3 minggu

Berikut adalah rencana terperinci untuk menghapus gula dari makanan sehari-hari Anda hanya selama 3 minggu:

Minggu 1

Bagi kebanyakan orang, minggu pertama adalah minggu tersulit. Dengan tiba-tiba mengurangi jumlah gula yang diserap oleh tubuh, Anda mungkin mengalami beberapa gejala seperti sakit kepala dan kelelahan.

•Menghilangkan Gula di Rumah: Sebuah sanitasi untuk tujuan menemukan dan menghilangkan gula di rumah Anda adalah hal pertama yang perlu Anda lakukan.

Ketika Anda membuka lemari dapur, lemari es atau bahkan di meja dan melihat paket permen manis, Anda akan merasa lebih lapar untuk mereka. Jadi, segera hapus camilan tidak sehat yang mengandung banyak gula sehingga Anda tidak perlu memikirkannya lagi.

Jika ada keraguan tentang kandungan gula dalam makanan, periksa daftar bahan, terutama kandungan gula. Ada beberapa makanan yang tidak menentukan kandungan gizi, serta jumlah gula alami dan gula tambahan.

•Makan 1 atau 2 kali pencuci mulut seminggu: Potongan lengkap gula tambahan sangat sulit, banyak orang berjuang untuk menambahkan gula rendah ke diet setiap hari.

Biarkan diri Anda makan beberapa kali di minggu pertama sehingga tubuh Anda dapat secara perlahan mengurangi gula, yang dapat meredakan sakit kepala dan kelelahan. Namun, pastikan Anda tidak memakannya di malam hari – ini hanya akan membantu Anda menghentikan sakit kepala dan kelelahan minggu depan.

•Makan makanan yang memberikan lebih banyak energi untuk tubuh Anda: Makan makanan bergizi yang memberikan energi yang cukup untuk tubuh Anda, seperti pasta pasta. Ini akan membantu Anda merasa kenyang dan terjaga, kurang tergoda oleh camilan manis.

•Menggunakan kekuatan: Minggu pertama benar-benar sulit, tetapi begitu Anda melakukannya, Anda akan merasa jauh lebih mudah untuk menghilangkan gula dari diet harian Anda. Teruslah mencoba dan jangan menyerah!

Minggu 2

Selamat – Anda telah berhasil menyelesaikan rencana minggu pertama! Minggu ini akan berfokus pada mengurangi semua gula ekstra dan menemukan makanan sehat dan sehat untuk diganti.

•Hanya minum air putih: Minggu ini, minum air putih daripada minuman ringan, termasuk minuman diet dan jus buah. Air mineral akan membantu tubuh Anda menghilangkan racun, sehingga Anda akan merasa lebih waspada dan sehat. Selain itu, Anda dapat menyesap secangkir kopi atau secangkir teh jika Anda mau, tetapi ingat untuk minum air putih di sore dan malam hari.

•Ganti gula dengan camilan sehat lainnya: Jika Anda ingin makan rezim ini untuk waktu yang lama, Anda harus mengganti camilan manis dengan memakan sesuatu yang baik untuk kesehatan Anda. Anda dapat mencoba camilan asin seperti kacang atau kacang mete, atau makan sesuatu yang mengandung gula alami seperti pisang.

•Pelajari lebih lanjut tentang gula tersembunyi: Banyak makanan mengandung tambahan gula tetapi tidak diiklankan, melainkan mengandung sirup konsentrasi, madu atau jus pekat.

•Bawalah beberapa makanan ringan darurat untuk memuaskan selera makan Anda: Akan ada waktu di minggu kedua, Anda mulai merasakan keinginan orang barbar. Pastikan Anda telah menyiapkan makanan ringan yang sehat di tas Anda, jadi tidak mungkin Anda ingin melepaskan rencana dan memakannya lagi.

Minggu 3

Tubuh sudah terbiasa dengan diet tanpa gula – dan harus berterima kasih untuk itu! Pada minggu ketiga ini, keinginan Anda menurun, yang berarti bagian tersulit dari rencana itu telah berlalu.

•Setengah sendok makan: Banyak orang mengurangi camilan dan minuman dingin yang mengandung gula tetapi menuangkan satu sendok gula ke dalam kopi. Jika Anda melakukan itu, maka kurangi jumlah gula pada sendok. Dalam waktu lama, sejumlah kecil gula akan membawa banyak manfaat bagi tubuh.

READ  Tips Komplit Cara Menurunkan Berat Badan

•Buat pola makan yang sehat: Makan tiga kali sehari secara teratur dan rencanakan apa yang Anda makan untuk kesehatan yang baik. Jika Anda memiliki peta jalan yang stabil, Anda akan cenderung kurang lapar dan makan lebih sedikit makanan ringan bergula. •Perencanaan jangka panjang: Jika Anda ingin berhenti dari diet Anda, rencanakan pola makan Anda yang sesuai sehingga Anda tidak memilih makanan yang mengandung gula. Ini akan membantu Anda “bertahan dalam jangka panjang” dengan diet yang wajar di masa depan.

3#Cara menurunkan Kolesterol Darah yang Meningkat

tipskesehatan.org

Hiperkolesterolemia atau kolesterol darah tinggi adalah kondisi medis umum yang terjadi dan merupakan konsekuensi dari gaya hidup yang tidak sehat, tapi masalah kesehatan ini masih dapat dicegah dan diobati.

Simak berikut ini adalah cara menurunkan Kolesterol Darah yang Meningkat yang dapat Anda pelajari.

Cara menurunkan Kolesterol Darah yang Meningkat

1. Apa itu hiperkolesterolemia familial?

Hiperkolesterolemia familial mempengaruhi kemampuan tubuh untuk memproses kolesterol. Akibatnya, orang dengan kolesterol darah tinggi memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung dan memiliki risiko lebih tinggi terkena infark miokard.

Gen yang menyebabkan hiperkolesterolemia familial diwarisi dari orang tua. Gejala penyakit bisa diketahi sejak lahir. Perawatan hiperkolesterolemia keluarga dengan pengobatan dan hidup sehat dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dini.

2. Tanda dan Gejala Penyakit Kolesterol Darah Meningkat

Penyakit ini biasanya tidak memiliki gejala yang jelas dan hanya terdeteksi setelah tes. Biasanya penyakit ini adalah penyakit turunan.

3. Efek Berbahaya Dari Meningkatnya Kolesterol Darah

Hiperlipidemia menyebabkan Anda memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung, yang dapat menyebabkan banyak konsekuensi yang tidak diinginkan.

4. Penyebab hiperkolesterolemia

Pada hiperkolesterolemia familial, risiko kadar kolesterol darah pada seseorang meningkat karena mutasi pada gen mengubah cara tubuh memproses kolesterol. Mutasi ini menghalangi tubuh dari menolak kolesterol low density lipoprotein (LDL) dari tubuh. Akibatnya, plak mengisi arteri, menyebabkan mereka mengeras dan menyempit, meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Tes genetik dapat mengetahui apakah Anda memiliki mutasi ini.

Mutasi ini diteruskan dari orang tua ke anak. Untuk mengekspresikan gejala, ibu akan mewarisi salinan dari genom orang tua. Kebanyakan orang dengan hiperkolesterolemia familial memiliki gen yang terpengaruh dan gennya normal.

Dalam kasus yang jarang terjadi, orang ini memiliki gen rekayasa genetika dari kedua orang tuanya, membuat kondisinya lebih buruk.

5. Perawatan untuk Hyperthyroidism

Perubahan gaya hidup dengan berolahraga dan makan makanan yang sehat, rendah lemak adalah cara pertama untuk melawan kolesterol darah tinggi. Kiat khusus termasuk:

•             Kurangi asupan lemak jenuh dalam diet Anda kurang dari 30% dari asupan kalori harian Anda

•  Konsumsi 10 – 20g serat larut air per hari. Sumber serat adalah gandum, kacang polong, kacang, apel, buah jeruk dan wortel.

• Memperkuat aktivitas fisik

•  Pertahankan berat badan normal

Ketika Anda memiliki kolesterol tinggi, dokter akan memberi Anda obat untuk menurunkan kolesterol LDL. Obat resep tergantung pada faktor risiko, usia, status kesehatan saat ini, dan kemungkinan efek samping.

• Penggunaan obat

Toleransi obat bervariasi di antara orang-orang. Efek samping yang dilaporkan adalah mialgia, sakit perut, sembelit, mual dan diare. Jika Anda memutuskan untuk mengonsumsi obat penurun kolesterol, dokter akan memberi Anda tes fungsi hati untuk memantau efek obat pada hati Anda.

•Pengobatan Kolesterol Tinggi pada Anak

Diet dan olahraga adalah perawatan pertama dan terbaik untuk anak-anak usia 2 tahun atau lebih yang memiliki kolesterol tinggi atau anak-anak obesitas. Anak-anak 10 tahun dan lebih tua dapat diberikan obat penurun kolesterol jika mereka memiliki kadar kolesterol yang sangat tinggi. Untuk mengobati hiperlipidemia, Anda harus menemui dokter dan mengikuti petunjuk dokter untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang terbaik.

4#Cara mengobati cegukan dengan cepat

Dalam kehidupan sehari-hari, orang sering mengalami cegukan pada waktu yang berbeda dalam sehari.

Cegukan yang normal atau jika Anda terus-menerus cegukan atau selalu merasa tidak nyaman kapan pun dan dimana pun Anda berada, sebiknya Anda harus mencoba-20-tipskesehatan ini untuk mengatasi cegukan dengan cepat dan tepat seperti di bawah ini.

READ  Tips Diet Untuk Wanita Karir yang Mudah dan Praktis

20-cara untuk mengobati cegukan dengan cepat

1. Pencet hidungmu dan minum segelas air

Cara efektif untuk menyembuhkan cegukan adalah dengan memencet hidung, menahan nafas dan minum segelas air.

Ini juga berfungsi jika Anda menelan banyak makanan seperti nasi pada saat yang bersamaan. Jika setelah implementasi awal belum berakhir, Anda harus mengulangi langkah-langkahnya lagi. Biasanya, cegukan hilang setelah 2-3 kali.

2. Minum sesendok madu

Tambahkan satu sendok teh madu ke segelas air, aduk sebelum diminum. Madu memiliki kemampuan untuk menstimulasi saraf vagus, membantu Anda menyembuhkan gejala-gejala cegukan.

3. Gunakan dua sedotan untuk minum air

Tuang segelas air dan taruh dua sedotan dalam cangkir. Kemudian, minum dengan dua sedotan. Saat minum, cobalah minum air sebanyak mungkin.

4. Siapkan sesendok saus pedas

Beberapa orang memperlakukan cegukan dengan menyeruput beberapa sendok saus pedas, seperti saus sambal. Saus pedas akan membuat Anda merasa panas di mulut, untuk sementara melupakan gejala cegukan tetapi fokus pada lidah Anda terik karena pedas.

5. Pegang tangan Anda dan tahan napas Anda

Pertama-tama, Anda harus menarik napas dan menghembuskan napas. Setelah menghembuskan napas, ambil napas dalam-dalam untuk mendapatkan udara yang cukup sampai menghirup berikutnya. Pegang kedua tangan dengan erat dan tahan napas Anda.

6. Makan bubuk coklat

Menelan sesendok bubuk coklat juga dapat membantu menghilangkan gejala tersedak. Selain itu, Anda bisa menggunakan bubuk cokelat lain seperti Milo.

7. Letakkan lidah Anda sejenak

Anda bisa menggunakan lidah yang mencuat untuk merangsang saraf vagus. Selain itu, menjulurkan lidah juga bisa mengurangi kejang pada diafragma. Melakukannya dapat membantu Anda “menyingkirkan” masalah refleks di dalam mulut.

8. Membungkuk untuk minum air

Tempatkan cangkir air di atas meja, jangan mengambil pegangan cangkir ke mulut tetapi harus membungkuk untuk minum. Setiap kali, cobalah untuk minum air sebanyak mungkin.

9. Makan manisan

Makanlah permen untuk menghilangkan cegukan. Misalnya, Anda bisa makan sesendok gula. Gula akan merangsang kerongkongan di tenggorokan Anda. Ketika esofagus dirangsang, saraf diafragma akan kembali berfungsi dan cegukan akan hilang.

10. Makan makanan

Selain manisan, Anda bisa memakan penghuni pertama sebagai irisan jeruk nipis. Jika Anda tidak bisa mentolerir keasaman lemon, Anda bisa menambahkan sedikit gula ke lemon. Jika Anda tidak ingin makan lemon, Anda bisa minum sesendok kecil cuka.

11. Batuk dan bersendawa

Anda dapat mencoba batuk atau bersendawa untuk mencegah cegukan. Saat batuk atau bersendawa, diafragma Anda akan enggan dan mengganggu cegukan.

12. Makan kacang

Cara tradisional untuk menyembuhkan cegukan adalah makan kacang. Kacang membutuhkan Anda untuk mengunyah banyak. Saat mengunyah kacang akan mengganggu pernapasan dan menghentikan cegukan.

13. Gunakan kantong kertas untuk menarik napas dan menghembuskan napas

Anda juga dapat menghentikan cegukan dengan menghembuskan nafas dan menghirup kantong kertas. Kantong kertas harus ditempatkan di dekat mulut dan disegel di sekitar. Lalu, tarik napas dalam-dalam dan kemudian nafas setidaknya 10 kali. Hembuskan dan terhirup secepat yang efektif.

14. Minumlah sedikit air

Meminum beberapa teguk air dapat membantu mengurangi gejala cegukan. Anda harus mencoba menarik napas saat mengambil minum.

15. Bilas mulut Anda dengan air dingin

Banyak dokter menyarankan agar tidak menggunakan air dingin untuk mencegah cegukan. Anda bisa menaruh es batu dalam air dingin. Saat mencukur, ingat untuk tidak menelan batu jika tidak maka akan menyebabkan cegukan.

16. Cium aroma yang kuat

Mencium aroma yang kuat juga bisa menyembuhkan cegukan. Misalnya, mengendus garam dapat mengubah pernapasan Anda atau mencium bau lemon dan cuka juga dapat membantu Anda menghentikan cegukan.

17. Pijat di sekitar mulut

Pijat di sekitar mulut membantu merangsang saraf vagus dan menghentikan kontraksi pada diafragma. Gunakan kapas untuk memijat mulut Anda.

18. Tahan napas dan berkeliling

Pegang hidung Anda, tahan napas, dan berputarlah ke arah berlawanan. Anda dapat menyanyikan lagu sambil berjalan-jalan. Jika Anda tidak mengurangi gejala cegukan, jangan menyerah, ulangi, setidaknya membuat Anda kurang gugup.

19. Tutupi telinga Anda dan minum air

Gunakan tangan kiri dan tangan kiri untuk memegang telinga kanan Anda. Tangan memegang ringan di cuping telinga tetapi hindari menjaga terlalu lama. Kemudian, mintalah seseorang untuk membawa segelas air ke mulut Anda sehingga mereka dapat meminumnya. Metode ini membutuhkan dukungan orang lain, lebih baik beritahu mereka terlebih dahulu untuk menghindari rasa takut ketika Anda cegukan.

20. Minumlah air di bawah lantai

Taruh segelas air di lantai dan membungkuk untuk minum. Anda harus minum air seperti itu sampai gejala cegukan hilang. Jika setelah minum air jernih, gejala cegukan masih ada, Anda dapat menambahkan air ke cangkir dan terus melakukannya lagi.

Itulah tadi beberapa metode dasar untuk membantu Anda menyingkirkan cegukan di rumah. Namun, cegukan dapat menyebabkan masalah kesehatan jika terjadi dalam jangka waktu yang lama. Dalam hal ini, Anda harus pergi ke klinik kesehatan setempat untuk mencari tahu penyebabnya.





Leave a Comment